Kyfi's Blog

TEKNOLOGI OF 2011

Posted on: Oktober 3, 2011

Teknologi adalah sebuah makhluk yang selalu mengembangkan dirinya, tidak pernah berhenti berinovasi dan berevolusi untuk menyesuaikan diri dengan waktu yang tidak akan pernah berhenti. Teknologi adalah sebuah proses tiada henti.

Kita dapat mengingat bagaimana teknologi internet yang lahir pada pertengahan era 1990, hingga kini meledak merasuk ke jemari setiap orang melalui teknologi telepon genggam.

Pada tahun 2011 kita dapat mengidentifikasi beberapa aspek teknologi yang akan kental mewarnai dinamika kehidupan masyarakat dunia, kemudian Indonesia, khususnya masyarakat Ibukota.

Pada bidang teknologi computer, disinyalir trend yang akan semakin populer adalah tablet PC terutama tablet touch screen multi-guna seperti i-pad dan produk sejenisnya. Kemudian system operasi pintar Android yang sepertinya akan semakin akrab dengan perangkat telepon pintar. Dan yang terakhir adalah handphone qwerty dan touch screen yang penuh koneksi internet.

Semakin pesatnya perkembangan teknologi membuat segenap lapisan masyarakat, terutama para penggiat usaha di bidang teknologi membutuhkan sebuah standard atau metode sertifikasi untuk menyelaraskan kebutuhan masyarakat dengan kepekaan mereka dalam menanggapi kebutuhan tersebut dengan teknologi tepat guna.

Membicarakan sertifikasi di bidang telematika tentu tak bisa lepas dari peran sebuah lembaga sertifikasi nasional bernama LSP Telematika. Dari lembaga inilah orang-orang yang ingin menjadi tenaga profesional di bidang telematika bisa mendapat pengesahan atas kompetensinya. Lembaga yang dibentuk pemerintah ini bertugas menyelenggarakan standarisasi kompetensi kerja, menyiapkan materi uji serta mengakreditasi unit-unit Tempat Uji Kompetensi dan menerbitkan Sertifikasi Kompetensi bidang Telematika.

Materi uji kompetensi LSP Telematika disusun berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang telah disahkan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Penyusun SKKNI sendiri merupakan ahli telematika yang berasal dari Departemen Komunikasi dan Informatika, Departemen Pendidikan, Kementrian Ristek, dan beberapa perusahaan teknologi informasi di Indonesia.

Untuk ke depannya, pemanfaatan teknologi tepat guna dan kepekaan terhadap teknologi tentu sangat dibutuhkan dalam menanggapi proses perkembangan teknologi sesuai dengan standard masyarakat. Dengan sertifikat kompetensi yang dimiliki dari LSP Telematika, tentu keahlian Anda dan tempat usaha Anda di bidang ini akan mendapat pengakuan dari masyarakat luas, dan semoga Anda para penggiat usaha di bidang teknologi, terutama teknologi informasi akan semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat.

SUMBER : http://www.lsp-telematika.or.id/files/14-1049-6199,r358.php

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: