Kyfi's Blog

TAS & KESEHATAN

Posted on: Oktober 3, 2011

Pernahkah Anda berpikir bahwa sakit yang Anda rasakan itu bisa jadi dikarenakan oleh tas yang selama ini kerap menemani Anda? Mulai dari ukuran, tali, bahkan cara Anda membawa tas, ternyata semua hal tersebut turut mempengaruhi kesehatan pundak.

Lagipula, siapa bilang bahwa untuk tampil cantik kita harus mau mengalami kesakitan?! Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan tips memakai tas berikut agar area pundak dan sekitarnya tetap dalam kondisi sehat.

Kurangi isi tas

Harus diakui bahwa sebagai wanita, kita kerap membawa terlalu banyak barang dalam tas kita yang sebenarnya tidak selalu dibutuhkan. Mungkin alasan paling tepat mengapa kita memenuhi tas dengan banyak barang adalah karena kita ingin barang itu ada jika seandainya kita tiba-tiba membutuhkannya.

Namun, sayangnya ada yang merasa tersiksa dengan aksi jaga-jaga tersebut, yaitu tubuh kita. Punggung, pundak, leher, tangan, bahkan kepala bisa menjadi korban akibat beban berat yang harus mereka tanggung setiap harinya.

Anda disarankan untuk selalu memeriksa ulang isi tas dan singkirkan barang-barang yang benar-benar tidak perlu dibawa. Timbanglah diri Anda saat sedang membawa tas, jangan membawa tas yang beratnya lebih dari 1,25kg. [break]

Pilihlah tas dengan tali yang lebar

Tak peduli apa yang menjadi merk tas favorit Anda, Anda disarankan untuk memilih tas memiliki potongan tali lebar. Lebar tali tas turut membantu tubuh dalam membagi berat beban yang harus dipikul, sehingga beban tidak hanya dilimpahkan pada satu titik tubuh saja.

Lakukan peregangan leher dan bahu

Anda bisa mencegah encok yang disebabkan oleh buruknya beban tas dengan memperkuat otot tubuh itu sendiri. Lakukan gerakan seperti mendayung, dengan cara berdiri tegap dan ulurkan tangan lurus ke depan, lalu lakukan gerakan seperti mendayung perahu. Kemudian pijat/ remas pundak Anda dengan posisi dagu sedikit terangkat. Ulangi 10 kali hitungan untuk tiap tangan.

Pertimbangkan tas pinggang

Pada awal tahun 1990an, tas pinggang sempat mencicipi kejayaannya sebagai salah satu aksesoris modis dalam berpenampilan. Bentuknya yang kecil seolah ‘memaksa’ penggunanya untuk mengantongi hanya sedikit barang.

Meski Anda menaruhnya secara menyamping di pinggang, namun beban yang ada dalam tas itu ditopang oleh tubuh secara keseluruhan (karena pinggang terletak pada titik tengah tubuh manusia), bukan hanya oleh pundak atau punggung saja. Jadi, jelas tas ini takkan menimbulkan kesakitan pada pundak atau punggung Anda. [break]

Ganti posisi

Kebanyakan dari kita mempunyai posisi membawa tas yang selalu sama. Ada yang suka membawa dengan tangan, lengan, pundak kanan, atau pundak kiri. Namun, demi keselamatan tubuh Anda, maka Anda harus meninggalkan kebiasaan tersebut.

Cobalah untuk mengganti posisi tas, setidaknya tiap 5 menit, agar aliran darah dalam tubuh tetap lancar. Jika Anda berbelanja di toko, maka Anda bisa mengganti posisi membawa tas tiap kali Anda masuk atau keluar toko.

Beri pengaman tali

Jika tali tas Anda sangat tidak nyaman, maka lapisi dengan kain pengaman (seperti yang ada pada seat belt di mobil) agar pundak atau tangan lebih nyaman.

Beralih ke tas punggung

Salah satu petunjuk bahwa beban tas telah berhasil melukai Anda adalah posisi pundak yang jadi tidak seimbang/ miring ke salah satu sisi. Jika pundak bermasalah, maka kini saatnya Anda beralih pada tas punggung. Hanya tetap pastikan bahwa Anda membawa yang ukuran kecil dan jangan memasukkan terlalu banyak barang. [break]

Kenakan tas dekat pada tubuh

Saat ditanya bagaimana cara terbaik untuk membawa tas, maka jawabnya adalah dengan menjaga posisi tas itu tetap melekat dekat pada tubuh. Dekatkan kantung beban tas dekat dengan tubuh agar beban yang ada menyatu dengan beban tubuh.

Oleh karena itu, sedapat mungkin carilah potongan tas yang bisa melintasi tubuh saat dibawa, namun pastikan bahwa talinya juga tidak terlalu panjang. Sebab makin panjang talinya, beban pundak makin tertarik ke bawah (oleh gravitasi).

Kenakan sepatu yang ramah

Jika Anda harus mengangkat tas besar dan membawanya hanya pada satu sisi tubuh, maka setidaknya dukung tubuh dengan sepatu yang tepat. Pemilihan sepatu bisa memberikan banyak perbedaan.

Sandal tipis bisa menimbulkan masalah besar bagi tulang punggung dan tulang sendi Anda. Sepatu terbaik yang bisa mengimbangi bawaan berat adalah sepatu dengan sol karet.

SUMBER : WOMANKAPANLAGI.COM

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: