Kyfi's Blog

PERKEMBANGAN IT VS PERSAINGAN KERJA

Posted on: Oktober 3, 2011

Tidak dapat dipungkiri perkembangan Ilmu pengetahun dan teknologi sekarang ini semakin pesat. Lengah sedikit saja bisa jadi kita tertinggal jauh. Terlebih persaingan kompetensi sumber daya manusia di era globalisasi semakin ketat. Peningkatan kualitas individu pun sudah tentu menjadi sebuah keharusan. Sayangnya masih banyak lulusan tingkat perguruan tinggi di indonesia yang tidak membekali diri dengan ilmu aplikatif. Padahal untuk satu bidang pekerjaan, tidak cukup dengan ilmu yang hanya dipelajari semasa kuliah. Dengan begitu kesadaran untuk terus menambah ilmu dan meningkatkan kemampuan sangatlah diperlukan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri mengarungi dunia persaingan di era globalisasi ini. Salah satunya dengan mengikuti kursus atau pelatihan. Dengan mengikuti kursus berbagai keuntungan pun dapat dicapai. Tentunya selain menyempurnakan ilmu yang didapat semasa kuliah atau sekolah, kursus atau pelatihan dapat memberi “skill” tambahan bagi seseorang ketika ingin melamar pekerjaan.

Namun jika diperhatikan, dunia kerja Indonesia memang tidak luput dari teknologi informasi. Sebut saja bidang pendidikan, hampir semua sekolah menerapkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Untuk itu pemahaman dan penguasaan teknologi menjadi cara agar dapat bertahan dan berjaya untuk bersaing di era globalisasi.

Berangkat dari kesadaran akan kebutuhan penguasaan teknologi, para pencari kerja berlomba untuk membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berbagai tempat kursus yang menawari berbagai bidang ilmu pun menjadi semarak. Dengan begitu ketelitian ketika memilih tempat kursus tidak dapat dianggap enteng. Hal tersebut diperlukan agar kursus yang terhitung singkat jadi efisien.

Mengikuti program dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Telematika menjadi pilihan cerdas bagi siapapun yang ingin berkarir di semua bidang terutama mereka yang ingin berkarir di bidang telekomunikasi, multimedia dan informatika (telematika).

LSP Telematika merupakan lembaga yang bersifat independen dan profesional dalam menyelenggarakan standarisasi, uji kompetensi dan sertifikasi bagi para profesional di bidang telematika. Dalam perkembangannya, LSP Telematika menjadi rujukan profesionalisme bagi industri telematika di dalam dan luar negeri.

Materi uji kompetensi LSP Telematika disusun berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang sudah disahkan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Penyusun SKKNI merupakan ahli telematika yang berasal dari Departemen Komunikasi dan Informatika, Departemen Pendidikan, Kementrian Ristek dan beberapa perusahaan TI di Indonesia.

Dalam penyelenggaraan uji kompetensi, LSP Telematika menggunakan test engine dengan software yang integritasnya tidak diragukan lagi. LSP Telematika merupakan pemegang lisensi Automated Testing Software (ATS) di Indonesia. Ujian diselenggarakan dengan berbasis komputer yakni suatu tes yang dipandu dan dikerjakan melalui media komputer termasuk penilaiannya.

Tak diragukan lagi jika LSP Telematika menjadi pilihan bagi para pencari kerja dari berbagai latar pendidikan karena LSP Telematika membantu para siswanya dalam pengembangan standar kompetensi kerja nasional dan sertifikasi profesi tenaga kerja. Dengan demikian, seseorang yang mengikuti program LSP Telematika selain akan mendapatkan ilmu dari program uji kompetensi, sekaligus sertifikat yang dapat digunakan sebagai bukti pengakuan atas kompetensi seseorang yang tentunya sangat diperlukan saat bekerja.

SUMBER : http://www.lsp-telematika.or.id/files/14-1049-4903,r358.php

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: