Kyfi's Blog

MAKANAN YANG BAIK BAGI WANITA SIBUK

Posted on: Oktober 3, 2011

Mungkin Anda menemukan kesulitan untuk menghindari kebiasaan buruk seperti tidak sarapan atau makan di restoran-restoran fast food, namun makan dengan pola makan sehat akan membuat Anda merasa lebih baik. Hal ini akan membuat Anda dapat mengatasi masalah yang dihadapi dengan lebih baik pula. Makan sehat yuk! Memulainya tidak sesulit yang Anda bayangkan kok.

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah sarapan. Orang-orang yang sarapan secara teratur cenderung memiliki pola makan yang sehat. Kalau Anda tidak sempat duduk dan menikmati makan pagi Anda, ambil saja roti bagel yang kaya akan gandum, sepotong buah, dan jus untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

2. Jika Anda tidak punya pilihan lain dan harus mengonsumsi fast food, maka Anda wajib memilihnya dengan bijak. Pilih makanan yang mengandung kalori rendah seperti mashed potatoes dan green salad, dengan memperhatikan salad dressing yang Anda pilih. Kurangi penggunaan saus mayones dan pilih saus yang rendah kalori. Pizza tidak akan terlalu tinggi kalori apabila kita mengurangi porsi kejunya. Untuk isian burger, sebaiknya pilih telur atau daging asap dengan daun selada, tomat, dan bawang bombay. Kurangi juga makanan tinggi lemak, seperti french fries dan fried chicken.

3. Nyemil memang sangat menyenangkan, namun jangan mengonsumsi cemilan saat malam hari, terutama saat Anda mau tidur. Hindari juga cemilan seperti es krim, keripik, coklat, atau permen. Cemilan yang dianjurkan antara lain adalah yang rendah kalori, seperti buah segar, pretsel, popcorn tanpa mentega, kue beras, maupun biskuit gandum. Sediakan sayuran mentah untuk dicelup dengan low-fat yogurt atau celupan keju cottage sebagai teman kerja larut malam.

4. Makanlah makanan yang kaya kalsium. Wanita usia 20an membutuhkan banyak kalsium untuk mencegah osteoporosis. Apabila Anda tidak suka susu, Anda bisa menjadikan yogurt rendah lemak, keju rendah lemak, dan sayuran hijau untuk mencukupi kalsium yang dibutuhkan tubuh Anda.


5. Apabila ingin mengurangi berat badan, selektiflah dalam diet Anda. Diet yang menawarkan hasil instan dalam waktu cepat biasanya tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Satu-satunya pola diet yang aman adalah makan teratur dengan kalori yang rendah.

6. Gula merupakan sumber kalori bagi tubuh. Seperti halnya karbohidrat, lemak dan protein, gula juga dibutuhkan tubuh dalam batasan jumlah tertentu. Menurut the American Heart Association, batasan konsumsi gula bagi wanita dewasa adalah 25 gram atau 6 sendok teh per hari. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa gula dapat merusak gigi. Sebaiknya, Anda menggunakan pemanis rendah kalori dengan gula alami (bukan sintesis) atau produk yang sugar free.

7. Tidak semua salad baik untuk kesehatan. Pilihlah salad sayur dan buah untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Hati-hati juga dalam menentukan dressing untuk salad kita. Hindari dressing dengan kandungan krim yang tinggi karena kalori yang dimilikinya setara dengan sebuah burger.

8. Pikirkanlah matang-matang sebelum Anda mengonsumsi alkohol. Alkohol memiliki efek yang buruk untuk kesehatan serta memiliki jumlah kalori yang cukup besar dan tidak memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

9. Perbanyaklah air putih. Tubuh minimal memerlukan delapan gelas air setiap hari. Bawalah air dalam botol kemanapun Anda pergi sehingga Anda tidak akan mengalami dehidrasi.

10. Ingatlah bahwa makanan itu lebih dari sekedar sesuatu yang masuk ke perut kita. Dengan makan pelan-pelan dan menikmatinya, maka kita akan merasa lebih kenyang sehingga tidak ingin tambah lagi. Jadi, nikmatilah setiap suap makanan yang Anda konsumsi.

SUMBER : http://woman.kapanlagi.com/kesehatan//6602-10-tips-makan-sehat-bagi-wanita-sibuk.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: