Kyfi's Blog

GAYA HIDUP YANG SEHAT

Posted on: Oktober 3, 2011

Selain olahraga dan mengonsumsi makanan bergizi, ayo lakukan 8 kebiasaan sehat berikut yang dipercaya mampu bikin tubuh makin kuat dan tahan ‘gempuran’ kuman penyakit. FITNESS khusus mengumpulkannya untuk Anda dengan mengulik resep sehat dari orangtua hingga berbagai hasil penelitian ilmiah. Tak perlu ragu mempraktekkannya, karena setiap langkah begitu mudah namun punya khasiat dahsyat untuk mendongkrak imunitas tubuh.

1. Rutin Pijat Sehat

Mendapat pijatan yang enak di sekujur tubuh, tentu sangat menyenangkan. Tubuh yang nyaman, relaks, perasaan tenang dan bahagia tentu akan meningkatkan energi positif ke seluruh tubuh. Banyak penelitian memaparkan efek sebuah pijatan bisa mengurangi rasa pegal di tubuh, menormalkan tekanan darah dan detak jantung. Tiffany Field, PhD., pimpinan di Touch Research Institute of the University of Miami School of Medicine, AS. Mengungkapkan bahwa relaksasi pijat mampu menurunkan kadar stres di tubuh seseorang. “Kondisi ini menyebabkan sel imunitas Anda meningkat. Segala macam pijat, pada dasarnya baik untuk tubuh. Namun yang penting, pada saat dipijat adalah tekanan yang kuat tapi tidak menyakitkan. Tekanan yang cukup dapat membuat tubuh jadi relaks,” kata Field. Meski belum ada penelitian tentang seberapa banyak frekuensi pijat yang harus dilakukan, para ahli menyatakan bahwa pijat sekali dalam sebulan mampu mengembalikan metabolisme tubuh.

2. Campurkan Air Jahe

Tidak salah kalau wedang jahe sudah sejak zaman dahulu dipercaya berkhasiat bagi kesehatan. Bukan saja menghangatkan gangguan pencernaan. “Khasiat jahe membantu tubuh menstimulasi kerja otot perut dan memudahkan makanan yang diasup mengalir dalam saluran pencernaan,” ujar Joyce Frye ahli osteopathy University of Maryland School of Medicine, Baltimore, AS. Coba tambah potongan jahe pada air putih atau teh, beri sedikit madu, Anda pasti bisa menikmatinya.

3. Mandi Air Dingin

Punya kebiasaan mandi di bawah pancuran atau shower berair hangat? Mulai sekarang jangan terlalu sering, dan segera beralih menggunakan air biasa atau air dingin. Menurut Mary Ann Bauman, MD, penulis buku Fight Fatigue: Six Simple Steps to Maximize Your Energy, mandi di bawah siraman air dingin, justru bisa meringankan migrain, linu dan sirkulasi pada tubuh. “Energi Anda akan terangkat sehingga membuat tubuh jadi tambah segar,” ujar Mary.

4. Rajin Cuci Tangan

Satu lusin dalam sehari! Yup, usahakan Anda selalu mencuci tangan paling sedikit 12 kali dalam sehari, selama 20 detik atau lebih. Neil Schachter, MD, dari Mt Sinai Medical Center, New York, AS mengungkap bahwa cuci tangan merupakan langkah pertama pencegahan serangan bakteri dan virus. “Flu, diare, hingga bakteri berbahaya seperti E.Coli dan Salmonella bisa dicegah hanya dengan mencuci tangan. Gunakan sabun atau cairan sanitasi, gosok tangan secara rata, dari punggung tangan hingga ujung jari atau kuku. Jangan lupa keringkan dengan tisu atau lap kering yang bersih,” tambah Schachter.

5. Baca Label Makanan

Baru-baru ini American Heart Association menghimbau agar kita semakin peduli pada label yang tertera di produk makanan. Mereka yang membaca label kandungan makanan sebelum membeli suatu produk, maka kondisi kesehatannya semakin baik. Paling tidak mereka yang membaca label akan mencari nutrisi terbaik dan mengurangi berbagai kandungan protein, fat-free, gula, hingga sodium. Pastikan di setiap makanan yang Anda beli selalu terkandung nutrisi, vitamin, ataupun zat besi.

6. Makan Bawang Putih

Carmia Borek, PhD., peneliti kesehatan masyarakat dari Tufts University School of Medicine Boston, AS., bertutur bahwa bawang putih kaya akan antioksidan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Namun demikian usahakan untuk tidak berlebihan karena pada sebagian orang bawang putih membuat tubuh mengeluarkan gas secara berlebihan. “Cukup dua siung saja per hari, jika Anda khawatir aroma bawang putih dapat mencemari napas Anda,” saran Carmia.

7. Tidur Lebih Awal

Dalam sehari, mekanisme tubuh memerlukan waktu untuk beristirahat atau tidur selama 8 jam. Penelitian dari Columbia University Medical Center, AS, membuktikan bahwa tidur lebih awal mampu meningkatkan daya kerja tubuh untuk menekan depresi. Memiliki waktu tidur yang teratur juga membantu perlindungan tubuh terhadap resiko serangan penyakit. Bahkan mereka yang masih berusia remaja dianjurkan memiliki tidur 9 jam. Maka, jika tubuh mulai lelah, segera istirahatkan tubuh Anda, jangan memaksa diri untuk terus bekerja. Ingat bobok ya…

8. Gemar Makanan Kukus

Penelitian dari American Institute for Cancer Research menemukan fakta bahwa memasak dengan cara mengukus mampu meningkatkan nutrisi yang ada dalam berbagai bahan makanan. Usahakan tidak mengukus dengan api terlalu besar. Kukus hingga masakan matang dan hangat, tanpa harus menunggu air rebusan mendidih. Beri sedikit sentuhan buah-buahan seperti sedikit perasan jeruk, atau sayuran dalam makanan kukus tersebut. Upaya ini membuat rasa makanan makin variatif dan kaya gizi.

SUMBER : KAPANLAGI.COM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: