Kyfi's Blog

masihkah RI contoh negara yang toleransi?

Posted on: Februari 28, 2011

Indonesia menjadi salah satu negara yang selama ini dijadikan panduan bagi negara-negara di dunia sebagai negara dengan sikap toleransi tinggi. Namun, putri almarhum Gus Dur, Yenny Wahid, mempertanyakan, masihkah kini Indonesia tetap menjadi panutan negara yang memegang teguh sikap toleransi tinggi, setelah banyak muncul konflik yang selama ini mengatasnamakan agama kepada kaum minoritas.

“Ritus kekerasan yang sering terjadi, apakah betul Indonesia masih menjadi contoh toleransi di dunia. Padahal, masih begitu banyak insiden-insiden yang terjadi di Indonesia, tapi justru kekerasan meningkat, bahkan sampai pembunuhan,” ungkap Yenny dalam diskusi Ritus Kekerasan Berbasis Agama Mengapa Terus Terjadi di Wahid Institute, Senin (28/02/2011).

Menurutnya, kekerasan yang menodai toleransi di Indonesia karena masyarakat bersifat permisif, seolah-olah mentolerir adanya kekerasan. Terkadang, lanjut dia, masyarakat seolah diam-diam juga turut menyetujui terjadinya kekerasan yang dilakukan kelompok-kelompok tertentu terhadap kaum minoritas.

Yenny mencontohkan salah satu kasus, yaitu insiden Cikeusik yang mengumbar kekerasan terhadap umat Ahmadiyah. Ia sangat menyayangkan tindakan brutal pada kejadian itu yang dianggapnya mencerminkan tindakan intoleransi tersebut.

“Masyarakat semakin permisif, seolah-olah masyarakat mentolerir adanya kekerasan. Masyarakat seolah-olah diam atau menyetujui terjadinya kekerasan, belum lagi ada beberapa pemuka agama yang juga secara tidak langsung mentolerir adanya kekerasan yang dilakukan umatnya,” imbuh Yenny.

Ia mengatakan, semua agama di Indonesia mengajarkan pesan-pesan damai dan ajaran toleransi, tetapi kadang masyarakat justru salah menafsirkan ajaran-ajaran itu sehingga dijadikan pembenaran terhadap aksi kekerasan. Yenny menambahkan, sikap-sikap kekerasan ini justru melunturkan sikap toleransi Indonesia yang selama ini terbangun dan dijadikan panutan dunia.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: